Wednesday, May 27, 2009


Proses belajar mengajar sebagai kegiatan paling dominan di lingkungan lembaga pendidikan umumnya, dan perguruan tinggi pada khususnya, seharusnya dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Proses pembelajaran diarahkan untuk memenuhi prinsip – prinsip pokok yang terkandung dalam penataan pendidikan di Indonesia. Paradigma tersebut meliputi 5 hal, yaitu : kualitas, otonomi, akuntabilitas dan pertanggungjawaban, akreditasi dan evaluasi. Selain 5 prinsip tersebut, aspek efektivitas dan efisiensi juga harus menjadi karakteristik yang melekat dalam seluruh kegiatan yang mendukung proses tersebut.

Menyadari bahwa keberhasilan PBM terkait dengan banyak aspek, maka diperlukan suatu acuan yang terstandarisasi di berbagai aspek tersebut. Dengan tetap menyadari kekurangannya pula, buku pedoman ini dimaksudkan sebagai salah satu sumber acuan yang minimal dapat mendasari segala keterkaitan dalam proses pelaksanaan kegiatan JENI, seperti evaluasi keberhasilan studi, material dan administrasi kegiatan serta manajerial kurikulum.

Java Education Network Indonesia atau JENI adalah sebuah program pendidikan aplikatif berbasis Java sebagai bahasa pemrograman yang dideklarasikan oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia sebagai rangkaian dari program Jejaring Pendidikan Nasional (JARDIKNAS).
JENI adalah sebuah pelayanan integratif bagi mahasiswa di Indonesia, untuk mempelajari, berbagi dan mengembangkan solusi berbasis JAVA. Proyek JENI mengimplementasikan JEDI sebagai dasar pelaksanaan kurikulum dengan tambahan berbagai trend perkembangan teknologi JAVA.Salah satu tujuan dari JENI adalah menjadi pusat keunggulan (centre of excellence) pendidikan aplikatif dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi pada tingkat nasional dan internasional berbasis komitmen atas moral dan etika serta didukung oleh pengembangan sumber daya yang berkelanjutan.

Logo JENI merupakan sebuah burung gelatik ( the java finch) yang merupakan maskot resmi dari Java User Group (JUG) di seluruh dunia (http://thejavafinch.dev.java.net). Burung gelatik merupakan salah satu burung yang berasal dari pulau Jawa yang senang untuk terbang secara berkelompok dan menyukai cuaca panas. Ciri-ciri inilah yang dianggap mampu untuk menggambarkan semangat komunitas Java yang bekerja secara berkelompok untuk menyebarkan sesuatu tanpa keberpihakan.

0 comments: